Emak Gue Lebay

​Emak Gue Lebay

Gue selalu percaya, bahwa salah satu tujuan seseorang hadir di dunia ini, salah satunya adalah sebagai ujian bagi orang lain. Termasuk gue.

Yap, gue adalah ujian bagi orang-orang di sekitar gue. Terutama bagi emak.

Selain bersusah payah mengandung dan menjaga gue selama sembilan bulan, ujian emak selanjutnya adalah saat akan melahirkan gue.

Hampir dua puluh enam tahun yang lalu, emak harus berjuang antara hidup dan mati gegara gue lahir sungsang. U know sungsang? Itu tuh, kalau biasanya bayi mah lahir kepalanya duluan, ini gue kebalik, kakinya yang maksa keluar duluan. 

Dulu bayi sungsang mah nggak bisa kayak sekarang yang bisa dengan mudah dicesar. Lha boro-boro cesar, lahirannya aja dma dukun beranak, bukan dokter.

Nggak kebayang dah gimana menderitanya emak waktu itu. Pantes aja kalau gue hiperaktif emak jadi senewen. Lha gue nyusahin dari sebelum lahir ternyata. Hiks.

Nggak cukup sampe di situ, ternyata Allah yang Maha Baik ingin menguji kesabaran ortu gue. Gue pun ditakdirkan hidup penyakitan. Nggak jelas sakitnya apa. Yang jelas, emak sama bapak yang super sibuk nguli itu harus meluangkan waktunya secara bergiliran untuk nganterin gue berobat ke dokter yang tempat praktiknya jauh di kota. Jadi dua pekan atau sebulan sekali mereka harus meliburkan diri dan nganterin gue kontrol.

Waktu itu gue sebel banget sama emak. Berbeda sama bapak yang setiap habis kontrol pasti mau ngejajanin gue es campur atau bakso terminal yang endesss banget (dengan catatan emak nggak boleh tahu), emak gue malah ngelarang gue beli ini dan itu. Boro-boro deh es campur, pokoknya lagi sakit ya harus ngikutin saran dokter. Titik. *Khas orang goldar A beud dah yak, ngikutin aturan.

Belakangan gue tahu kalau kasih sayang emak dan bapak itu sama besarnya, hanya beda penyampaiannya.

Emak gue juga berbeda banget dengan emak temen-temen gue kebanyakan. Mungkin karena gue keluarga besar, jadi emak-bapak mah nggak sempet ngemanjain gue dan anak-anaknya yang lain.

Boro-boro dimanja, ngaduin ini-itu setiap kali ada masalah sama temen-temen aja nggak pernah, kita mah ada masalah ya hadapin sendiri. Sempat juga dulu, pernah sekali mau ngadu pas ada yang nakal sama gue, eh keburi dibully sama kakak-kakak gue. Nggak jadi dah nggak jadi.

Emak-bapak gue memang berpendidikan rendah, nggak bisa ngaji dan masih belum bener shalat wajibnya, tapi mereka selalu ngomelin anak-anaknya kalau sampe kita ada yang bolos ngaji. Bahkan emak-bapak rela bergantian ngejemput gue di tempat ngaji karena jarak antara tempat ngaji dan rumah cukup jauh serta harus melewati kuburan. Ya daripada anak mereka nggak ngaji kan ya …

Eh ya, jangan dipikir ngejemputnya pake motor atau mobil ya. Jemputnya mah dulu jalan kaki. Motor masih jadi barang mewah kala itu.

Yah, sementara di tempat lain, banyak temen-temen gue yang ortunya kaya, berpendidikan tinggi, ngemanjain anak-anaknya, tapi malah lalai dengan pendidikan moral dan spiritual anak-anaknya. Walhasil, nggak sedikit juga temen-temen seumuran gue waktu itu yang nggak bisa baca Al-Quran. Karena ortu mereka lebih menuntut prestasi mereka di pendidikan formal. Asal dapat juara, hebat!

Lagi-lagi Gue musti banyak-banyak bersyukur memiliki mereka

Meskipun dulu gue dan emak sering berselisih paham, tapi emak sekalipun nggak pernah ngungkit-ngungkit gue yang dari dulu nyusahin, gue yang penyakitan, gue yang kalau nangis orang sekampung bisa bangun, gue yang … begini dan begitu. Nggak pernah. 

Hingga akhirnya gue dan emak harus tinggal berjauhan, emak mulai berubah. Emak mulai lebay.

Segala cara emak lakukan untuk menyampaikan perhatiannya ke gue. 

Mulai dari nelpon rutin, nanyain kabar dan sebagainya. Bahkan pernah suatu ketika emak sakit dan harus dirawat di rumah sakit provinsi, pas gue pulang dan mengunjungi emak, apa coba yang emak gue lakukan?

Dengan raut  khawatir emak ngeliat wajah gue sambil bilang:

“Ya Allah, kamu kok sekarang jerawatan sih. Badan kamu kok kurus sih?”

Whooot??? Mak!!! Sumpah gue kesel banget dengan ke-lebayan emak.

Waktu itu emak yang sakit, harus dikemo, disinar, dan emak masih sempet-sempetnya ngebahas jerawat gue yang cuma nongol beberapa biji doang?

Oh Mak!!! Gimana gue nggak nangis dengan segala ke-lebayanmu itu Mak? Nangis karena punya emak yang lebih mengkhawatirkan jerawat anaknya ketimbang dirinya yang sedang berjuang melawan sakitnya sendiri?

Sampai saat ini emak gue masih dan semakin lebay. Setiap kali tahu gue sakit, langsung nelpon. Setiap kali tahu gue kenapa-kenapa, langsung telpon. Pokoknya biar dikata gue cuma batuk pilek, pasti emak langsung nelpon dan nanyain kabar dengan nada khawatir.

Ya Rabb … Emak. Kasih sayang, perhatian, dan do’a-do’a terbaiknya nggak pernah absen buat gue dan anak-anaknya. Sementara gue anaknya yang dari dulu selalu nyusahin masih belum bisa ngasih apa-apa.

Maafkan anakmu ini ya Mak. Anakmu yang diam-diam selalu merindukan ke-lebayanmu.

Salam sayang buat emak, yang entah akan tahu tulisan ini atau nggak. 

Karena emak gue nggak main sosmed.

Leave a comment